Sabtu, 07 Oktober 2017

Analisis SWOT: Pengertian Dan Tujuan Analisis SWOT

Materi Yang Akan saya bahas kali ini adalah mengenai anlaisis SWOT yang biasa dipakai oleh paa wirausahawan.Analisis SWOT sangat menunjang terhadap perkembangan bisnis atau usaha anda.selain itu dengan menganalisis,anda akan mendapatkan tujuan yang akan anda raih dengan sempurna. Untuk Materinya silahkan cek dibawah :

Pengertian SWOT
SWOT merupakan metode analisis perencanaan strategi (strategic planning) guna mengetahui peta faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal suatu perusahaan atau unit bisnis sehingga menghasilkan kesimpulan yang berguna untuk memberi masukan terhadap pengambilan keputusan strategi dan memberi masukan prioritas strategi terhadap apa yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu oleh pengambil keputusan.

SWOT analysis is a technique that enables a group or individual to move from everyday problems and traditional strategies to a fresh perspective.
Lalu Apa Tujuan Analisis SWOT?
Tujuan Analisis SWOT

  • Memanfaatkan keuntungan dari kekuatan yang dimiliki dan kesempatan yang ada 
  • Meminimalisasi Kelemahan dan mengeliminasi ancaman

Analisis SWOT sangat berguna untuk mengenali situasi, lingkungan, dan kondisi saat ini untuk keperluan pengambilan keputusan-keputusan menentukan langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan terhadap kelangsungan hidup aktivitas bisnisnya.

Analisis
Analisis

Analsis SWOT memberikan alur pikir (framework) yang baik untuk keperluan peninjauan strategi, posisi, dan arah perusahaan pengambilan posisi bisnis dalam industri, mengevaluasi kompetitor, pengambilan kebijakan dalam perencanaan strategi marketing atau bisnis, membuat laporan penelitian, brainstorming saat meeting, atau kebutuhan lainnya.

Baca Juga : Cara Menjadi Pribadi Yang sukses Dengan Belajar

SWOT merupakan akronim dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), Threat (ancaman).

Pengamatan dan Analisis Lingkungan
Pengamatan dan analisis lingkungan ini terbagi atas dua bagian, yaitu bersifat eksternal dan internal. Tujuan pengamatan lingkungan adalah untuk melihat peluang pemasaran baru. Peluang pemasaran adalah suatu daerah kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi secara menguntungkan. Analisis lingkungan ini akan memberikan hasil yang lebih baik jika dibarengi dengan melakukan analisis PEST.

Peluang dapat digolongkan menurut daya tariknya dan kemungkinan keberhasilannya. Kemungkinan keberhasilan unit bisnis tergantug pada kekuatan bisnisnya yang tidak hanya sesuai dengan persyaratan berhasil di pasar sasaran tersebut.

namun juga harus lebih unggul dari pesaingnya. Kompetensi saja belum berarti keunggulan kompetitif. Unit bisnis yang paling berhasil adalah unit bisnis yang dapat menciptakan nilai pelanggan lebih tinggi dan mempertahankannya dalam jangka panjang

Analisis PEST
Analisis lingkungan bisnis unit merupakan hal yang sangat penting dilakukan sebelum memulai proses tahapan marketing. Analisis lingkungan sebaiknya dilakukan secara terus-menerus. Analisis lingkungan sebagai tahap awal proses analisis SWOT ini mampu ditunjang oleh keberadaan analisis PEST (Political, Economic, Social/sociocultural, Technological).

Baca Juga : Bisnis FB Ads

 dimana analisis ini akan menganalisis lingkungan secara makro perihal perkiraan kondisi politik yang sedang dan akan terjadi selama kurun waktu tertentu, kondisi ekonomi negara, kehidupan sosial yang terbentuk dari kondisi politik dan ekonomi, percepatan berkembangnya teknologi saat ini.

Cukup sekian artikel mengenai Analisis SWOT : Pengertian Dan Tujuan Analisis.semoga artikel diatas bermanfaat,silahkan Komenta apabila ada yang ingin dipertanyakan terimakasih.



Blogger Newbe

Saya Bekerja Keras Membuat Berbagai website untuk Meriset Bagaimana Dan Website Mana Yang Cocok Bagi Saya.Dan Sudah Saya mulai sejak SMA.


EmoticonEmoticon