Trik Wajib Bagi Pemilik Toko Online Shop

1:38:00 PM
Trik Wajib Bagi Pemilik Toko Online Shop -
Trik Wajib Bagi Pemilik Toko Online Shop

Didunia bisnis terutama dalam bisnis online atau segala macam perdagangan yang terjadi dengan koneksi internet makin lama semakin marak dan pesat. Persainganpun juga tidak kalah besar, disana sini telah berdiri online shop yang jumlahnya ribuan toko online

Tapi dalam banyaknya toko online tadi hanya segelintir saja yang bisa bertahan lama sampai sekarang, ada yang hanya sebagai simbolis dalam sebuah toko, atau pabrik tetapi ada juga yang dari toko online tadilah dia menjaring para konsumennya.
Trik Wajib Bagi Pemilik Toko Online Shop

Nah disini saya akan memberikan beberapa hal penting yang wajib anda ketahui jika anda termasuk golongan yang kedua supaya bisnis online shop anda laris manis.

1. Kenali dan Fokus pada Produk Anda

Hal ini adalah hal dasar dan terpenting yang harus dilakukan. Tentukan produk apa yang ingin dijual. Contohnya, Anda ingin menjual produk makanan dan minuman. Fokuslah pada lingkup makanan dan minuman, jangan mencampurnya dengan berjualan produk lain, misalnya saja deterjen. Hal ini akan membuat pelanggan bingung.

Setelah menentukan bidang apa yang ingin digeluti, saatnya menentukan ciri khas serta produk andalan. Jika produk  berupa makanan, contoh ciri khas produk adalah menggunakan coklat asli dari Indonesia. Produk yang menjadi favorit dari pelanggan mungkin coklat mente. Setelah mengetahui hal tersebut, maka fokuslah dalam memasarkan coklat asli Indonesia dan coklat mente yang merupakan produk andalan Anda. Ini akan mempermudah pelanggan ingat terhadap produk Anda diantara ribuan produk online lainnya.

2. Kenali Pelanggan Anda

Memasarkan sebuah produk tidak bisa sembarangan. Jika produk yang ditawarkan adalah mainan anak-anak, jangan memasarkannya di situs remaja, jelas saja tidak ada yang ingin membeli. Anda juga harus mengetahui keinginan pelanggan. Contohnya, mereka akan membeli perhiasan secara online jika mereka bisa memilih jenis serta bentuk dari perhiasan yang mereka inginkan. Dengan mengetahui keinginan pelanggan, Anda dapat berinovasi dengan membuat lebih banyak pilihan bentuk serta menyediakan lebih banyak pilihan permata, maka pelanggan akan semakin tertarik dengan produk Anda.

3. Foto yang Menarik

Ingat, karena produk dipasarkan secara online, pelanggan tidak dapat melihat maupun merasakan produk secara langsung. Jadi, pastikan Anda mempunyai foto produk yang menarik. Percuma jika produk berkualitas, namun penampilan di layar tidak membuat pelanggan tertarik. Tidak perlu menyewa fotografer ahli dalam mengambil foto produk. Anda dapat mencari inspirasi melalui internet serta berbagai buku fotografi.

4. Informasi Harus Jelas

Masukkan informasi seperti harga, bahan, cara membeli, serta petunjuk lain yang mendukung halaman produk Anda. Jika mempunyai website pribadi untuk produk tersebut, aturlah website supaya menjadi pengguna. Hal ini untuk mempermudah pelanggan mendapatkan informasi sehingga mereka tertarik terhadap produk tersebut. Jika pelanggan telah membaca dan tertarik dengan produk tersebut, mereka akan mencari kontak penjual. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan kontak Anda, jika  ingin mendapatkan order.

5. Manfaatkan Media Sosial

Hampir seluruh pengguna Internet mempunyai akun media sosial. Mengetahui hal tersebut, maka wajib dimanfaatkan. Cara mendaftarkan diri serta penggunannya pun sangatlah mudah. Anda dapat mengunggah foto, memberikan gambar yang menarik dan lain sebagainya. Selain itu juga bisa berinteraksi dengan pelanggan untuk mengetahui pendapat mereka terhadap produk Anda.

Jangan meremehkan kekuatan dari media sosial. Jika gambar produk yang diunggah menarik, banyak yang akan menyebarkan ulang informasi tersebut, sehingga produk akan semakin dikenal oleh banyak orang. Jangan hanya bergantung pada orang lain, Anda juga wajib menyebarkan berita tentang produk secara luas. Jika memungkinkan, ciptakan sebuah trend di media sosial dengan produk Anda sebagai bintang utamanya. Hal ini akan memicu ketertarikan pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.

6. Bergabunglah di Sebuah Komunitas

Ada banyak ragam komunitas yang tersebar di Internet. Terdapat komunitas untuk pecinta makanan, jalan-jalan, fashion, make-up, branding, dan lain sebagainya. Disini, orang-orang yang memiliki minat pada bidang yang sama akan berbagi pengalaman mereka satu sama lain. Anda dapat bergabung menjadi pengikut, lalu mendapat informasi terbaru tentang perkembangan di komunitas tersebut. Anda juga bisa mempelajari hobi serta apa yang dicari dari pelanggan pada suatu produk.

Bergabung sebagai pemilik usaha juga merupakan langkah yang tepat. Anda dapat mendekatkan diri kepada pelanggan dengan melakukan interaksi. Informasinya pun dijamin akurat, karena mereka adalah komunitas pecinta hal tersebut. Pelanggan dapat memberikan pendapatnya secara langsung terhadap produk yang ditawarkan dan akan memperoleh banyak masukan yang relevan untuk menyempurnakan produk Anda.

7. Gunakan “Artis” Internet

Banyak sekali “artis” produk yang tersebar di Internet. Mereka bisa dibilang “artis” jika pengikut mereka sudah mencapai angka puluhan ribu. Biasanya, para “artis” ini akan mempromosikan produk-produk yang dijual secara online. Caranya mudah saja, Anda hanya perlu menghubungi “artis” tersebut, lalu mengirimkan produk Anda secara gratis untuk dipromosikan. Ada juga beberapa “artis” yang meminta bayaran untuk sebuah promosi produk, biasanya mereka yang memiliki blog pribadi serta sudah dikenal oleh banyak orang di internet.

8. Respon dengan Cepat

Selalu jawab pertanyaan serta order dengan cepat. Jika perlu, tugaskan satu orang khusus untuk melayani pelanggan. Jelaskan dengan ramah serta jelas tentang deskripsi produk Anda. Jangan membiarkan pelanggan menunggu terlalu lama. Jika respon yang diberikan lambat, pelanggan bisa berubah pikiran dengan cepat karena tidak bertatapan muka secara langsung.

9. Harga yang bersahabat

Setelah kita melakukan hal hal diatas yang juga sangat menentukan dalam deal atau tidaknya seseorang untuk membeli produk kita adalah harga, Dengan harga yang bersahabat bagi pelanggan atau konsumen anda maka mereka akan senantiasa kembali kepada anda jika membutuhkan barang barang serupa lainnya.

Memasarkan produk melalui internet sama halnya dengan menjadi pedagang keliling. Perbedaannya terletak pada media yang tersedia, lingkup pemasaran, serta kreativitas dalam memasarkan. Semakin unik dan khas metode pemasaran yang dilakukan, maka produk akan semakin dikenal. Tentu, tidak ada pencapaian yang mudah dan instan. Anda harus terus berkreasi agar produk dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Semoga bisa bermanfaat bagi anda pemilik toko online shop, baik itu dengan blog, website , facebook dll . Semoga semakin sukses dengan Trik Wajib Bagi Pemilik Toko Online Shop

Share this :

Previous
Next Post »