Langkah Sukses Mengikat Pelanggan Toko Online

8:20:00 AM
Langkah Sukses Mengikat Pelanggan Toko Online -
Langkah Sukses Mengikat Pelanggan Toko Online

Banyak cara dan langkah yang ditempuh untuk mengikat hati para pelanggan pada online shop anda, cara cara itu ditempuh supaya pelanggan tetap setia untuk membeli pada toko online anda, semakin banyak pelanggan maka omset dan keuntungan anda semakin besar.

Pelanggan adalah raja, sebuah idiom yang tidak asing lagi ditelinga para pelaku bisnis. Maka memenangkan hati pelanggan adalah kewajiban bagi para pemilik usaha khususnya yang bergerak dibidang Online Store.
Langkah Sukses Mengikat Pelanggan Toko Online

Menurut survey banyak tahapan yang harus diperhatikan bagi para pemiliki online store, agar pelanggan merasa puas atas pelayanan yang diberikan.

berikut ini beberapa langkah mudah agar Anda tidak kehilangan pelanggan dalam penjualan online :
  • Ketepatan Pesanan
Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah ketepatan pesanan. Barang yang diberikan sesuai dengan yang diinginkan pelanggan. Berikan garansi 100% bahwa Anda sanggup memberikan jaminan barang yang diterima pelanggan akan sama persis dengan barang yang dipesan. Bila Anda mengabaikan langkah inisebanyak 29% pelanggan tidak akan membeli lagi ditempat online store Anda karena barang yang diterima tidak tepat sesuai pesanan.
  • Pengiriman Cepat
Sebanyak 42% pelanggan akan menyadari bila pengiriman barang dari online store Anda sampai ke tujuan lebih lambat dari waktu yang dijanjikan. Oleh karena itu pengiriman barang yang tepat waktuadalah langkah kedua yang menjadi nilai penting bagi pelanggan online.
Saya menyarankan untuk melakukan observasi dibawah ini untuk mengecek ulang jasa pengiriman  ,beberapa hal penting dalam memilih jasa pengiriman terbaik dalam upaya mendukung reputasi bisnis online :

  1. Pertama, sesuaikan jenis barang yang dikirim dengan jalur pengiriman yang ditawarkan oleh jasa pengiriman barang, apakah lewat darat, laut atau udara.
  2. Kedua, dapatkan informasi lengkap tentang kelebihan maupun kekurangan suatu perusahaan jasa pengiriman barang.
  3. Ketiga, pilihlah jasa pengiriman barang yang mempunyai jaringan kerja yang luas.
  4. Keempat, ketersediaan fitur pemantau barang secara online via internet.
  5. Kelima, pilihlah perusahaan jasa pengiriman yang mudah dihubungi (punya call center).
  • Jadwal Pengiriman.
Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memberikan kepastian jadwal pengiriman barang kepada pelanggan. Sehingga pelanggan mengetahui kapan barang yang dipesan akan tiba. Karena sebanyak 60% pelanggan mengharapkan pihak online store memberikan jadwal pengiriman barang.
  • pelacakan pesanan
Berdasarkan survey dari Shop.org, sebanyak 75% pelanggan merasa bahwa seharusnya pihak online store memberikan layanan order tracking ( pelacakan pesanan). Untuk memenuhi kebutuhan ini, pihak online store dapat memberikan layanan transparansi agar pelanggan dapat memeriksa status pengiriman barang setiap saat.
  • Murah Pengiriman
Tidak kalah pentingnya adalah fakta berdasarkan survey bahwa sebanyak 80% pelanggan memilih belanja online store yang menawarkan pengiriman gratis. Untuk memenuhi kebutuhan ini maka Anda tidak ada pilihan lain selain meyediakan layanan pengiriman barang gratisdengan harga barang yang tetap murah.
  • Membangun Kepercayaan
Kepercayaan adalah faktor utama yang harus dimiliki antara pelaku bisnis dengan konsumennya. Dan dalam hal distribusi barang, bisnis online tak lepas dengan keberadaan peran perusahaan jasa pengiriman barang. Namun, terkadang muncul keluhan dari konsumen dalam hal tersebut, seperti diantaranya molornya waktu pengiriman barang sehingga barang tidak sampai tepat waktu atau bahkan terjadi kerusakan atau barang yang cacat saat diterima konsumen. Yang muncul kemudian adalah komplain dari konsumen yang harus ditangani pula oleh pelaku bisnis online. Dan secara tidak langsung, hal ini akan berdampak pada reputasi bisnis online yang dijalankannya.


Sekarang semua kembali kepada anda, jika anda bisa memaktrekkan hal hal tadi maka secara otomatis pelanggan anda akan merasa nyaman dan mengulang kembali untuk membeli di toko online anda, Silahkan lakukan langkah sukses mengikat pelanggan toko online anda mulai dari sekarang.

Share this :

Previous
Next Post »